Jumat, 03 November 2017

Faedah Kuku Bagi Kehidupan Manusia


Kuku merupakan bagia terluar dari jari yang sering dianggap sebelah mata keberadaanya. Memang jika diperhatikan secara sekilas, kuku tidak memiliki manfaat yang signifikan bagi tubuh. Hal ini lah yang kadang membuat sebagian orang kurang memperhatikan kesehatan kuku. Padahal, jika kuku kurang sehat dan terkena penyakit, dampaknya akan sangat besar bagi tubuh. Kuku kusam, menghitam, berjamur adalah beberapa gangguan yang sering dijumpai. berikut adalah beberapa fakta mengenai manfaat utama dari kuku yang sehat bagi manusia.
  • Fungsi utama kuku adalah untuk melindungi ujung jari yang penuh dengan urat saraf dan bagian sensitif yang ada di bawah kuku.
  • Kuku berfungsi untuk memberi sensitifitas daya sentuh. Pada ujung jari terdapat banyak reseptor yang berfungsi untuk menghantarkan rangsang sentuh saat kita menyentuh suatu objek sehingga kita dapat merasakan bersentuhan dengan objek yang kita sentuh.
  • Kuku sebagai kekuatan penyeimbang ketika ujung jari menyentuh sebuah benda, sehingga meningkatkan sensitivitas jari, meskipun tidak ada ujung saraf di kuku itu sendiri.  
  • Kulit ari pada pangkal kuku berfungsi melindungi dari kotoran.  
  • Kuku membantu proses untuk memegang atau mencengkram benda yang dilakukan oleh jari-jari.
  • Pada kaki, kuku memberikan tekanan penyeimbang pada jari kaki yang membantu keseimbangan dan kesadaran spasial.
  • Ada beberapa penyakit yang merubah penampilan kuku kaki Anda. Kuku rusak, berubah warna, berubah bentuk dan berbau akan dijadikan indikator bagi dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. 
  • Menjadi daya tarik tersendiri bagi kaum wanita untuk lawan jenisnya.


Selain manfaat dari kuku yang sehat, berikut adalah beberapa penjelasan singkat mengenai penyakit apa yang akan menyerang jika kuku manusia tidak sehat.
  • Paronychia/Paronikia - Penyakit ini familiar kita sebut dengan cantengan. Penyebabnya adalah infeksi yang terjadi pada jaringan di daerah sekitar kuku yang menyebabkan kuku menjadi meradang (bengkak), menebal dan berwarna kecoklatan. Bahkan seringkali mengeluarkan nanah dan rasa sakit ketika berjalan. Paronychia seringkali diobati dengan diberi antibiotic
  • Leuconychia - Leuconychia adalah titik putih yang sering ditemukan pada kuku, baik kuku tangan atau kuku kaki. Ada yang seluruh kuku menjadi berwarna putih, ada yang hanya sebagian saja, ada yang berbentuk garis putih sejajar dengan kuku, atau ada juga yang berbentuk binti-bintik kecil yang muncul pada kuku. Penyakit ini disebabkan oleh masuknya udara kedalam zat tanduk kuku atau dari luka pada dasar kuku.
  • Tinea unguium - Penyakit tinea unguium dikenal sebagai kurap pada kuku yang disebabkan oleh patogen jamur. Gejalanya yaitu dapat menyebabkan penebalan pada kuku dan membuat kuku menjadi berwarna kekuningan, kemudian menjadi rapuh, dan akhirnya kuku tersebut memisahkan diri dari bagian kuku lainnya.

Nah cukup mengerikn bukan jika kita terkena salah satu dari penyakit diatasa. penjelasan diatas sudah menjelaskan secara singkat mengapa kuku kita harus tetap sehat dan bersih yakni agar mendapatkan manfaat serta terhindar dari penyakitnya. Jagalah kuku yang ada sekarang demi kebaikan bagi diri sendiri. Semoga bermanfaat.

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Posting Komentar

© 2013 llcau. All rights resevered. Powered By Blogger