Minggu, 12 November 2017

Kenapa Rambut Dan Kuku Tidak Sakit Ketika Dipotong?



Pernahkah kalian mengamati bagian tubuh, terlebih bagian rambut dan kuku? Yup kedua bagian tubuh ini adalah bagian tubuh yang unik, selalu terjadi regenerasi terus-menerus dan tidak sakit ketika dipotong. Kok bisa tidak sakit ya? Padahal bagian lain jika dipotong akan sangat sakit, misalnya sunat bagi lelaki ketika beranjak dewasa. Berikut adalah penjelasan singkat mengenai rambut dan kuku yang tidak sakit ketika dipotong.

Fakta Kuku.




Kuku merupakan bagian tubuh yang menutupi ujung jari sensitif manusia. Fungsinya untuk membantu jari dalam mencengkaram, memegang berpegangan dan lain sebagainya. Setiap kuku terdiri dari : Ujung, bagian yang dipotong; badan kuku, bagian utama yang berwarna kemerahan; dan akar kuku, yang tertanam di kulit dibawah kutikula. Kuku tumbuh sekitar 5 milimeter setiap bulan. Pertumbuhan kuku lebih lambat di musim dingin daripada dimusim panas; dan lebih cepat ditangan yang dominan.

Fakta Rambut.

 Pernahakah kalian menghitung jumlahnya yang menutupi tubuh? Jika tidak tahu, maka faktanya ada juataan jumlah helai rambut yang menutupi tubuh baik itu berupa rambut tipis dan tebal. Fungsi dari rambut ditubuh, terkhusus dikepala adalah untuk mengatur pengaturan suhu panas dan melindungi kepala dari sinar matahari langsung yang berbahaya. Rambut tumbuh dari lubang-lubang dalam dermis yang disebut folikel. Sel-sel rambut merupakan sel mati dan berisi protein keras yang disebut keratin. Rambut kepala tumbuh sekitar 1 cm setiap bulan, dan warna rambut bergantung pada kadar pigmen melanin.

Kenapa rambut dan kuku tidak sakit dipotong?

Sel-sel rambut dan kuku merupakan bagian tubuh yang tidak ada syaraf yang dialiri darah.ketiadaan syaraf dan aliran darah tersebut mengakibatkan tidak adanya rasa sakit ketika kedua bagian tersebut dipotong dan rontok khusus untuk rambut.          Boleh dikatakan bahwa rambut dan kuku adalah sel mati. Jika mati kenapa justru merekalah yang terus menerus mengalami regenerisasi? Rambut tumbuh dari lubang-lubang dalam dermis yang disebut folikel. Sel-sel folikel pada kulit kepala ini merupakan sel hidup yang terus membelah dan mendorong batang rambut naik. Sehingga rambut terus bertambah panjang. Penyebab kuku terus tumbuh adalah karena pangkal kuku yang ditutupi oleh kulit masih merupakan sel-sel hidup yang terus menerus melakukan pembelahan dan mendorong kuku keluar sehingga kuku terus bertambah panjang.

Demikianlah penjelasan dari alasan mengapa rambut dan kuku tidak sakit ketika dipotong. Semoga bisa sedikit menjawab dahaga dari rasa ingin tahu yang selalu ada bagi setiap manusia. Jangan pernah berhenti membagi kebaikan dan jangan pernah akan puas akan ilmu, karena dengan ilmu, maka hidup akan bahagia.

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Posting Komentar

© 2013 llcau. All rights resevered. Powered By Blogger