Minggu, 05 November 2017

Macam-Macam Manfaat Bulu Bagi Manusia


Manusia merupakan makhluk hidup yang anggota tubuhnya banyak ditumbuhi bulu. Mulai dari bulu rambut, alis, tangan bahkan sampai kemaluan. Jika diperhatikan sepintas, maka akan timbul satu buah pertanyaan, apa sajakah fungsi dari bulu-bulu yang tumbuh di anggota tubuh manusia? Baiklah berikut adalah beberapa informasi mengenai fungsi-fungsi bagi bulu-bulu yang tumbuh di tubuh manusia.

1. Bulu pada kepala

Bulu-bulu yang menyebar di kepala atau biasa disebut dengan rambut itu muncul pada epidermis atau kulit luar walaupun berasal dari folikel rambut yang berada jauh di bawah dermis. Fungsi rambut adalah melindungi kulit kepala dari sengatan sinar matahari yang panas dan juga dari hawa dingin yang menusuk. Rambut pada kepala manusia berjumlah tidak kurang dari 100.000 helai dan setiap helainya tumbuh dalam waktu sekitar 2 sampai 6 bulan.

2. Bulu pada kelopak mata dan alis

Bulu pada kelopak mata dan alis itu bermanfaat untuk menahan keringat dan air hujan yang jatuh mengenai dahi sebelum turun ke mata. Bulu mata bisa menyaring cahaya yang akan diterima oleh mata agar tidak terlalu silau dan pandangan menjadi jelas. Sedangkan alis bisa memperdalam karakter wajah. Selain itu, bulu mata dan alis juga dimanfaatkan wanita untuk membuat cantik wajahnya. Merias bulu mata dan alis saat berdandan membuat mata jadi terlihat indah.

3. Bulu pada hidung

Bulu hidung berfungsi sebagai saringan untuk partikel-partikel kecil yang masuk karena terhisap akibat proses pernafasan. Dengan adanya bulu hidung, bakteri, debu, dan jamur yang terhirup akan tersaring. Selain itu, bulu pada hidung juga berfungsi untuk meningkatkan kelembapan udara yang dihirup yang berfungsi penting untuk proses respirasi lanjutan.

4. Bulu pada ketiak
Bulu ketiak biasanya akan tumbuh pada masa pubertas dan pertumbuhannya sampai pada akhir usia remaja. Bulu yang ada pada ketiak ini berfungsi untuk melindungi ketiak dari zat racun yang akan masuk dari luar tubuh. Selain itu, bulu ketiak juga berfungsi sebagai penarik daya seksual seseorang karena folikel rambut hampir selalu berdekatan dengan kelenjar yang menghasilkan feromon, yaitu bundel molekul yang diproduksi oleh tubuh sebagai sinyal kimia untuk menarik pasangan seks.

5. Bulu pada dagu, dada, dan perut
Bulu yang tumbuh pada bagian dagu, dada, dan perut ini biasanya dimiliki oleh beberapa pria. Bulu-bulu yang tumbuh pada bagian tersebut merupakan tanda kelamin sekunder untuk pria yang sudah dewasa atau dengan kata lain sebagai pembeda antara pria dan wanita.

6. Bulu pada kemaluan
Fungsi bulu pada bagian ini adalah memberikan kehangatan, indikasi visual dari kematangan seksual, pengumpulan dari pengeluaran hormon, mengurangi gesekan luar saat berhubungan seks, dan sebagai pelindung wilayah yang ditumbuhi rambut kemaluan karena biasanya daerah tersebut sangat sensitif.

7. Bulu pada tangan dan kaki

Semua orang pastinya memiliki bulu tangan dan kaki, walaupun jumlahnya berbeda-beda. Bulu tangan dan kaki itu berfungsi sebagai alat sensor yang paling mujarab. Misalnya, Bulu akan merespon kalau ada ulat yang menempel di tangan atau kaki.

Demikianlah beberapa penjelasan dari bulu-bulu yang menumbuhi anggota badan manusia. Selain bulu pada kemaluan, rambut, jenggot, dan kumis tidak disarankan untuk dicukur karena akan memudahkan kotoran-kotoran dari luar langsung masuk ketubuh kita tanpa perantara. Semoga bermanfaat.

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Posting Komentar

© 2013 llcau. All rights resevered. Powered By Blogger