Minggu, 19 November 2017

Mengenal Lebih Jauh Lampu Sein




Lampu sein merupakan komponen wajib yang ada bagi setiap kendaraan bermotor. Selain sebagai penanda lampu sein juga bisa menghindarkan para sesama pengguna jalan dari kecelakaan yang selalu mengintai kapanpun para pengendara lengah. Berbicara lebih dalam mengenai lampu sein, berikut adalah sejarah singkat mengenainya.

Zaman dahulu kala dimana mobil dan kendaraan masih belum ditemukan, kuda yang dikaitkan dengan gerobak merupakan primadona dalam menunjang aktifitas masyarakat di zamannya. Seiring berjalan waktu, pada abad ke -18, barulah seorang inggris yang bernama Nicholas Cugnot menemukan alat penggerak berupa mesin uap yang bisa menggantikan peranan kuda. Temuan tersebut menginspirasi perkembangan kendaraan sampai pada penemuan mesin kendaraan menggunakan bensin. Penemuan ini meledak karena dianggap sangat efisien baik itu tenaga waktu dan biaya. Namun meningkatnya jumlah kendaraan bermotor berbentuk mobil ini diiringi dengan jumlah kecelakaan yang tinggi. Usut punya usut, penyebab kecelakaan tersebut adalah ketiadaannya lampu penanda ketika seorang yang menggunakan mobil ingin berbelok. Berangkat dari kisah itulah akhirnya pada tahun 1920-an, pabrikan kendaraan Jerman menciptakan lonceng sebagai tanda jika seseorang yang mengendarai mobil ingin berbelok. Bunyi sekali menandakan seorang pengendara akan berbelok kanan dan bunyi dua kali menandakan seseorang akan berbelok kiri. Namun bunyi lonceng tidak efektif karena diperkotaan yang macet mengakibatkan banyak orang membunyikan loncengnya bersamaan. Alih-alih memecahkan masalah, justru bunyi lonceng ini membuat para pengendara menjadi bingung apakah lonceng berbunyi satu atau dua kali. Baru lah di tahun 1930-an ditemukan sebuah indikator yang dipasang dibagian kanan serta kiri pada bagian mobil yang bertahan hingga sekarang.

Lampu sein sendiri memiliki fungsi umum sebagai tanda untuk berbelok bagi pengendara motor atau mobil, namun banyak manfaat lain yang jarang diketahui mengenai lampu sein.

1. Sebagai tanda belok
Ketika berada dalam tikungan, pertigaan, atau perempatan pengguna kendaraan wajib memberikan tanda sein kemana mereka akan menuju selanjutnya. Ini berfungsi untuk memberitahu atau memberikan suatu isyarat kepada pengendara lain baik yang di depan, belakang, maupun yang di samping agar tidak menyalip dari arah tertentu.

2. Sebagai tanda untuk mendahului kendaraan di depan
Ketika pengguna kendaraan ingin menyalip kendaraan lain di depan yang lebih lambat, maka wajib memberikan tanda sein agar pengguna kendaraan yang di depan bisa melihat isyarat yang dimaksudkan.

3. Sebagai tanda informasi untuk kendaraan dari arah berlawanan
Ketika pengguna kendaraan melihat kendaraan lain dari arah berlawanan sedang berada dalam jalurnya dan berada dalam jarak yang cukup dekat maka pengguna kendaraan wajib memberikan tanda sein kepada kendaraan lain dari arah berlawanan tersebut untuk segera keluar dari jalurnya. Sehingga tidak terjadi kecelakaan akibat tabrakan dari arah berlawanan.

4. Sebagai tanda pindah jalur
Ketika pengguna kendaraan sedang berada dalam jalur dari jalan yang mempunyai beberapa jalur, dan akan pindah ke jalur lainnya di jalan yang sama maka wajib memberikan tanda sein agar pengguna kendaraan lainnya yang ada di belakang maupun yang dari arah berlawanan tahu dan tidak menyalip terlebih dahulu. Ini sangat penting agar tidak terjadi kecelakaan yang diakibatkan oleh kesalahpahaman antar pengguna kendaraan.

5. hazard
Lampu hazard adalah penanda seseorang pengendara yang menggunakan kendaraanya, dalam bahaya dan perlu akses sesegera mungkin untuk sampai ketujuan. Selain itu, hazard juga berfungsi sebagai penanda bagi mobil lain, bahwa mobil yang menepi itu sedang rusak.
Wah ternyata sikecil kuning pada kendaraan bermotor ini memliki sejarah dan fungsin yang banyak. Kontrol terus kendaraan bermotor anda, agar semua komponennya berjalan baik, tidak terkecuali lampu seinnya.

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Posting Komentar

© 2013 llcau. All rights resevered. Powered By Blogger