Selasa, 14 November 2017

Pentingnya Pohon Bagi Manusia

Jika kalian pengendara motor, pernah kalian berteduh dibawahnya ketika sedang kepanasan di jalan? Jika iya, kena pohon yang dipilih, bukan lapangan sepak bola, atau bahkan kolam renang yang menyediakan air dingin didalamnya? Tanpa kita sadari, tubuh ini akan memprogram otak untuk mencari pohon jika suhu dibadan sudah mulai berlebihan. Tahukah kalian manfaat pohon selain tempat berteduh? Berikut adalah beberapa manfaat pohon.

Penyedia oksigen.
Waktu SD jaman dahulu, pasti kalian pernah membaca dan mengetahui bahwa indonesia adalah salah satu dari paru-paru dunia. Secara harfiah, paru-paru merupakan organ tubuh yang berhubungan dengan oksigen. Jika dikaitkan dengan pohon, maka pohon merupakan penyedia oksigen bagi hidup. Bisakah manusia hidup tanpa oksigen? Jika tidak, lalu mengapa penebangan hutan dalam skala besar masih dilakukan?

Manciptakan lapangan pekerjaan
Hampir lebih dari 12% pekerjaan didunia memerlukan pohon, baik itu sebagai bahan dasar atau pelengkap. Sektor furniture sudah pasti memerlukan pohon sebagai bahan utamanya. Sektor lain seperti realestate dan wisata alam pun juga demikian. Bisa terbayangkan kan mau kerja apa 12% umat manusia jika lahannya hilang dan punah?

Menurunkan pencemaran udara
Pohon sering ditebang diperkotaan, tapi sesering apapun ditebang, selalu akan ada penanaman kembali oleh bagian yang berwenang. Ada yang tahu alasannya? Karena udara merupakan penyaring alami dari polusi yang ditimbulkan oleh manusia. Semakin sedikit jumlah pohon disuatu daerah, maka dapat dipastikan semakin rendah kualitas udara yang ada didaerah tersebut.

Menjaga Ekosistem



Pohon merupakan penyedia makanan alami bagi hewan herbivora. kebanyakan hewan herbivora merupakan hewan yang berada di rantai makanan kehidupan. kehilangan pohon berati mengeliminasi hewan herbivora dari rantai makanan. kehilangan hewan herbivora bearti tidak ada yang dimakan oleh hewan kamnivora. Kehilangan pohon dalam hidup maka akan memutus mata rantai yang berakibat fatal.
Penyedia air bersih
Selain sebagai saringan dan penyedia udara bagi kehidupan, pohon juga merupakan penyedia air bersih yang disimpan di dataran tinggi menuju dataran rendah. Misalnya sebuh teh hangat di banjarmasin komposisi airnya bisa berasal dari daerah banjarbaru yang merupakan dataran tinggi. Bisa dibayangkan, ketiadaan pohon bearti kelangkaan air terjadi. Manusia perharinya memerlukan minimal 2 liter air untuk memenuhi kebutuhannya. Jika pohon banyak ditebang dan punah, mau minum dari manakah manusia?

Pembangkit semangat
Selain ke mall atau kewahana permainan, hutan untuk hiking juga merupakan reverensi dari destinasi jika kalian sedang bad mood. Kenapa hutan bisa membangkitkan semangat? Karena warna hijau jika dilihat dari segi psikologi merupakan warna yang bisa menetralakn tekanan dan stress. Hijau merupakan salah satu warna yang dihasilkan oleh pohon. Bahkan menurut beberapa study, pasien yang dirawat dengan ruangan yang bisa melihat pohon akan lebih cepat sembuh 8% dari pasien yang dirawat diruang tertutup.

Pengendali banjir, abrasi dan longsor
Pernah kalian menyadari mengapa selalu ada pohon di pinggiran pantai? Apapun jenisnya, pohon yang tumbuh didekat perbatasan antara daratan dan perairan selalu berfungsi untuk mencegah abrasi. Lalu bagaimana pohon bisa menangkal banjir? Pohon yang ada didataran tinggi akan menghambat air yang menuju dataran rendah melalui akarnya. Bayangkan jika air yang didataran tinggi meluncur deras tanpa hambatan kedataran rendah, maka banjirpun takkan terelakan.

Nah itu hanya beberapa bagian penting pohon bagi kegidupan. Dari penjabaran diatas, menebang dan menghilangkan pohon dalam jumlah yang besar sama saja dengan bunuh diri sendiri. Sayangi pohon sebgaimana kalian menyayangi hidup.

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Posting Komentar

© 2013 llcau. All rights resevered. Powered By Blogger