Sabtu, 20 Januari 2018

Manfaat Cabe Bagi Tubuh


Sambal merupakan pelengkap makanan yang berasa pedas, namun akan terasa ada yang kurang ketika dia tidak ada. Sambal biasanya bisa membuat orang bersemangat ketika makan. Sambal tersendiri berbahan dasar cabe. Berbicara lebih dalam mengenai cabe, selain memberikan rasa pedas, ternyata dia juga memiliki banyak manfaat bagi pengkonsumsinya. Berikut adalah beberapa manfaat cabe bagi kesehatan manusia.

Mengurangi nyeri
Cabe memiliki kandungan yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Didalamnya terkandung beberapa vitamin seperti A, dan C. selain itu, cabe juga mengandung kapsatin. Kapsatin memiliki fungsi sebagai pengurang rasa nyeri bagi tubuh.

Menurunkan berat bedan
Ketika seseorang sedang menjalani program penurunan berat badan atau diet, maka biasanya meraka akan mencari makanan yang bisa membantu program penurunan berat badannya tersebut. Mengkonsumsi cabe akan memberikan efek cepat kenyang bagi tubuh sehingga bisa membantu menusir rasa lapar lebih cepat. Selain itu kandungan kapsatin dan dihydrocapsite yang terdapat didalam cabe memiliki khasiat untuk menigkatkan pengeluaran energy bagi tubuh.

Mengatasi rematik
Rematik merupakan penyakit yang memberikan rasa nyeri di bagian tubuh tertentu bagi si penderitanya. Pada umumnya, obat kimia merupakan solusi instan dalam mengatasinya. Tapi tahukah kalian jika cabe pun ampuh dalam mengobati rematik tersebut. Caranya adalah haluskan 10 gram cabe, dan diberikan sedikit air hangat. Larutan air hangat dan cabe tadi di olehkan pada bagian yang terserang rematik, dan rasa sakit itupun akan mereda dengan sendirinya.

Mengurangi pegal-pegal pada tubuh
Biasanya setelah seseorang selesai dalam melaksanakan aktifitas berat, maka rasa pegal-pegal pun menjadi bonus tersendiri bagi orang tersebut. Cara untuk mengurangi rasa pegal tersebut adalah diurut atau dipijet. Namun cabe perlu dijadikan referensi dalam mengurangi rasa pegal selain pijat. Kandungan kapsisikol pada cabe bisa memberikan rasa hangat bagi tubuh. rasa hangat tersebutlah yang bisa mengurangi rasa pegal-pegal di tubuh.

Melancarkan pernafasan
Bagi yang sering mengalami gangguan dengan pernafasan, cabe merupakan bahan alami yang cocok dijadikan bahan referensi selain obat kimia tentunya. 

Melancarkan pencernaan
Banyak asumsi dimasyarakat luas yang menyatakan bahwa cabe membahayakan pencernaan yang diakhiri dengan munculnya sakit perut. Anggapan tersebut tidaklah benar, karena menurut penelitian, mengkonsumsi cabe merah justru membuat pencernaan menjadi sehat. Kandungan capsaicin mampu merangsang mikroorganisme baik pada pencernaan yang berfungi untuk meningkatkan penyerapan nutrisi untuk metabolism. Selain itu, cabe merah juga dapat membunuh bakteri penyebab tukak lambung.

Meningktkan kekebalan tubuh
Manfaat lain dari mengkonsumsi cabe adalah meningkatkan kekebalan tubuh. Selain membersihkan pencernaan, cabe yang dikonsumsi dengan jumlah yang wajar juga bisa bermanfaat meningkatkan kekebalan tubuh bagi manusia.

Demikianlah beberapa manfaat dari mengkonsumsi cabe bagi manusia. Mengkonsumsi dalam jumlah sewajarnya akan mendatangkan hasil yang baik bagi pengkonsumsinya, sebaliknya penggunaan dalam jumlah yang berlebihan akan mendatangkan dampak buruk bagi penggunanya pula.

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Posting Komentar

© 2013 llcau. All rights resevered. Powered By Blogger